Tuesday, May 15, 2012

KESEHATAN MASYARAKAT


A.    DEFINISI KESEHATAN MASYARAKAT
Kesehatan masyarakat adalah upaya untuk mengatasi masalah sanitasi yang mengganggu kesehatan.Kesehatan masyarakat merupakan suatu upaya integrasi antara ilmu sanitasi dan ilmu kedokteran.Batasan kesehatan masyarakat (Winslow 20) Public Health adalah ilmu dan seni untuk mencegah penyakit, memperpanjang hidup dan meningkatkan kesehatan melalui usaha pengorganisasian masyarakat untuk perbaikan sanitasi lingkungan, pemberantasan penyakit menular, pengorganisasian pelayanan medis dan perawatan untuk diagnose dini dan pengobatan dan pengembangan rekayasa social untuk menjamin setiap orang terpenuhi kebutuhan hidup yang layak dalam memelihara kesehatannya.
Definisi ilmu kesehatan masyarakat (bahasa Inggris: public health) menurut profesor Winslow dari Universitas Yale (Leavel and Clark, 1958) dari adalah ilmu dan seni mencegah penyakit, memperpanjang hidup, meningkatkan kesehatan fisik dan mental, dan efisiensi melalui usaha masyarakat yang terorganisir untuk meningkatkan sanitasi lingkungan, kontrol infeksi di masyarakat, pendidikan individu tentang kebersihan perorangan, pengorganisasian pelayanan medis dan perawatan, untuk diagnosa dini, pencegahan penyakit dan pengembangan aspek sosial, yang akan mendukung agar setiap orang di masyarakat mempunyai standar kehidupan yang adekuat untuk menjaga kesehatannya.

B.     RUANG LINGKUP KESEHATAN MASYARAKAT
Ruang lingkup kesehatan masyarakat dapat dilihat dari 2 (dua) disiplin keilmuan, yakni bio-medis dan social sciences. bio-medis adalah pengaplikasian teknik dan prinsip teknik dalam bidang medis.
social sciences
Secara garis besar, disiplin ilmu yang menopang ilmu kesehatan masyarakat, atau sering disebut sebagai pilar utama ilmu kesehatan mayarakat ini antara lain sebagai berikut :
·         Epidemiologi adalah ilmu yang memplajari tentang penyebaran penyakit serta diterminan-diterminan yang mempengaruhi penyakit tersebut.
·         Statistik kesehatan Secara lebih terinci statisti kesehatan adalah satu cabang dari statistik yang berurusan dengan cara-cara pengumpulan, kompilasi, pengolahan, dan interpretasi fakta-fakta numeric sehubungan dengan sehat dan sakit, kelahiran, kematian, dan factor-faktor yang berhubungan dengan itu pada populasi manusia.
·         Menajemen kesehatan masyarakat Dalam kegiatan apa saja, agar kegiatan tersebut dapat mencapai tujuannya secara efektif diperlukan pengaturan yang baik. Demikian juga kegiatan dan atau pelayanan kesehtan masyarakat memerlukan pengaturan yang baik, agar tujuan tiap kegiatan agar program itu  tercapai dengan baik.
·         Pendidikan dan prilaku kesehatan
Pendidikan kesehatan adalah suatu penerapan konsep pendidikan dalam konsep kesehatan. Perilaku kesehatan pada dasarnya adalah suatu respon seseorang (organisme) terhadap stimulus yang berkaitan dengan sakit dan penyakit sitem pelayanan kesehatan, makanan serta lingkungan.
·         Kesehatan lingkungan
Kesehatan lingkungan pada hakikatnya adalah suatu kondisi atau keadaan lingkungan yang optimum sehingga berpengaruh positif terhadap terwujudnya status kesehatan yang optimum pula.
·         Kesehatan kerja
Kesehatan kerja adalah merupakan aplikasi kesehatan masyarakat di adalam suatu tempat kerja ( perusahaan, pabrik, kantor, dan sebagainya ) dan yang menjadi pasien dari kesehatan kerja adalah masyarakat pekerja dan masyarakat sekitar  perusahaan tersebut.
·         Dalam kehidupan manusia sehari-hari, orang tidak terlepas dari makanan, karena makanan adalah salah satu persyaratan pokok untuk manusia, disamping udara(oksigen). Empat fungsi pokok makanan bagi kehidupan manusia adalah untuk:
·         Memelihara proses tubuh dalam pertumbuhan/perkembangan serta mengganti jaringan tubuh yang rusak.
·         Memperoleh energy guna melakukan kegiatan sehari-hari.
·         Mengatur metabolisme dan mengatur berbagai keseimbangan air, mineral dan cairan tubuh yang lain
·         Berperan di dalam mekanisme pertahanan tubuh terhadap berbagai penyakit.

C.    FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI DERAJAT KESEHATAN MASYARAKAT
Menurut Hendrick L. Blumn, terdapat 4 faktor yang mempengaruhi derajat kesehatan masyarakat, yaitu:
1.        PERILAKU
            Perilaku sehat akan menunjang meningkatnya derajat kesehatan, hal ini dapat dilihat dari banyaknya penyakit berbasis perilaku dan gaya hidup. Kebiasaan pola makan yang sehat dapat menghindarkan diri kita dari banyak penyakit, diantaranya penyakit jantung, darah tinggi, stroke, kegemukan, diabetes mellitus dan lain lain. Perilaku / kebiasaan mencuci tangan sebelum makan juga dapat menghindarkan kita dari penyakit saluran cerna seperti mencret mencret dan lainnya.
2.       LINGKUNGAN
Contoh : Akses terhadap air bersih, Jamban/ tempat BAB, sanitasi umum, temperatur,polusi udara.
3.        KETURUNAN
Contoh : Penyakit-penyakit yang sifatnya turunan dan mempengaruhi sumberdaya masyarakat, Jumlah penduduk dan Pertumbuhan penduduk serta jumlah kelompok khusus/rentan: bumil, persalinan, bayi, dll.
4.       PELAYANAN KESEHATAN
        Contoh : ketersediaan sarana dan prasarana kesehatan (balai pengobatan) maupun rujukan (rumah sakit), ketersediaan tenaga, peralatan kesehatan bersumberdaya masyarakat; Kinerja/cakupan serta pembiayaan /anggaran.
         Saat ini pemerintah telah berusaha memenuhi 3 aspek yang sangat terkait dengan upaya pelayanan kesehatan, yaitu upaya memenuhi ketersediaan fasilitas pelayanan kesehatan dengan membangun Puskesmas, Pustu, Bidan Desa, Pos Obat Desa, dan jejaring lainnya. Pelayanan rujukan juga ditingkatkan dengan munculnya rumah sakit rumah sakit baru di setiap kabupaten / kota.


















BAB III
PENUTUP
A.    KESIMPULAN
·        Kesehatan masyarakat adalah upaya untuk mengatasi masalah sanitasi yang mengganggu kesehatan.Kesehatan masyarakat merupakan suatu upaya integrasi antara ilmu sanitasi dan ilmu kedokteran.Ruang lingkup kesehatan masyarakat dapat dilihat dari 2 (dua) disiplin keilmuan, yakni bio-medis dan social sciences.
·        Secara garis besar, disiplin ilmu yang menopang ilmu kesehatan masyarakat, atau sering disebut sebagai pilar utama ilmu kesehatan mayarakat ini antara lain sebagai berikut :Epidemiologi, statistik kesehatan, manajemen kesehatan masyarakat, pendidikan dan perilaku kesehatan, kesehatan lingkungan, kesehatan kerja, dll.
·        4 Faktor yang mempengaruhi derajat kesehatan masyarakat Menurut Hendrick L. Blumm, yaitu : Perilaku, lingkungan, keturunan, pelayanan kesehatan.
B.     SARAN
Pelajaran ini sangat penting untuk kita ketahui karena dengan memahaminya, kita bisa mengetahui bahaya definisi kesehatan masyarakat, ruang lingkup kesehatan masyarakat serta kita juga bisa mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi derajat kesehatan masyarakat.








No comments:

Post a Comment